Too_Lie_Sun

May 23, 2007

Tubuh=Butuh

Filed under: just coretan — chenius @ 12:09 pm

Manusia selama masih hidup di dunia, masih memiliki tubuh. Jika ada tubuh maka masih ada butuh. Tubuh dan Butuh dua hal yang tak dapat dipisahkan. Tubuh adalah bagian-bagian yang berupa organ-organ bagian luar (yang terlihat) dan tubuh organ bagian dalam (tak telihat), saya kira tidak perlu menjelaskan organ tubuh karena saya bukanlah seorang ahli anatomi. Sedangkan butuh, merupakan sesuatu rasa atau keinginan yang ingin dicapai. Kebutuhan tidak hanya berupa kebutuhan jasmani (kepuasan badan) saja, tetapi manusia juga ingin mecapai pada kebutuhan rohani (kepuasan jiwa).

Tapi bagaimana caranya manusia dengan tubuh-nya itu memenuhi ke-Butuh-annya, dengan banyak cara mungkin. Untuk memenuhi kebutuhannya tubuh yang telah dilegkapi dengan semua kelengkapan yang masing-masing mempunyai suatu kelebihan yang unik. Tubuh dapat bekerja dengan kreatifitas otak atau pikiran. Otak atau akal yang akan menuntun tubuh untuk melakukan sesuatu hal yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan. Karena manusia sudah dianugerahi suatu kelebihan dibandingkan mahkluk lainnya, yaitu berupa akal untuk berpikir dan dapat mengambil setiap pembelajaran pada setiap kejadian yang dilalui yang diberikan oleh alam ini. Dengan akal pikiran dan sikap mau belajar dunia ini telah banyak menciptakan ahli-ahli pemikiran atau lebih sering kita sebut sebagai ilmuwan. Para ilmuwan dengan penelitian dan percobaan-percobaannya adalah salah satu contoh pemenuhan manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Para ahli agama juga sering kita jadikan tujuan untuk belajar demi kepuasan batin, mencapai ketenangan jiwa.Sudahkah Anda, Saya dan Kita semua menemukan ketenangan?

Ketenangan sejati hanya ada didalam diri kita, kita mungkin berada dekat dengan orang-orang yang kita sayangi akan merasakan ketenangan. Tetapi itu hanyalah bumbu penyedap dari ketenangan sejati kita. Faktor diluar diri mungkin bisa membuat diri kita tenang, begitu pula sebaliknya faktor diluar diri juga akan membuat kita menjadi tidak tenang. Jika belum dapat menemukan ketenangan didalam diri, berada ditempat yang setenang apapun kita tidak akan merasa diri kita tenang. Selama kita masih memiliki TUBUH maka kita ada BUTUH. TUBUH = BUTUH (Mr.Chen 07/2006)

Sesungguhnya, seseorang tdk dapat berhenti berkarya, walaupun ia menghindari segala macam aktivitas. Ia juga tidak dapat mencapai Kesadaran Tinggi itu, dengan melepaskan segala aktivitas. Tidak ada seseorang pun yang dapat berhenti bekerja, karena alam dan sifat dasarnya akan selalu mendorong dia untuk bekerja. Mereka yang munafik memang tampaknya duduk diam, tidak bekerja, tetapi pikiran mereka masih melayang-layang ke setiap penjuru, membayangkan kenikmatan-kenikmatan duniawi. Ketahuilah Arjuna, bahwa ia yang telah berhasil mengendalikan panca inderanya dan berkarya tanpa keterikatan – ia yg unggul. Lakukan apa yang telah menjadi kewajibanmu, karena berkarya lebih baik daripada duduk diam malas-malasan. Apabila kau berhenti berkarya, kau tidak akan dapat memelihara, merawat tubuhmu sendiri. (pesan dari Sri Krisna kepada Arjuna)300px-gita1.jpg

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: